Hindari Hal Ini, Jika Ingin Presentasi Anda Memukau



Saat ini, presentasi sudah menjadi hal yang sangat umum dan pastinya kita juga pernah melakukan atau minimal melihat suatu presentasi yang dilakukan di depan umum.

Akan tetapi apakah semua presentasi yang anda lihat itu menarik? Apakah anda sering mengantuk saat mendengarkan pembicara melakukan presentasi?

Lalu sebenarnya hal apa saja yang menyebabkan kita menjadi kurang tertarik pada suatu presentasi?



Berdasarkan pengalaman saya sendiri saat melihat seseorang melakukan presetasi, saya meringkas berbagai aspek penyebab para penonton menjadi acuh – tak acuh pada suatu presentasi.
Simak hal – hal yang perlu dihindari dalam presentasi berikut

1. Menampilkan sikap tubuh yang tertutup (Tidak Percaya diri)

Hal pertama yang dilihat oleh audiens pada saat anda melakukan presentasi adalah sikap tubuh. Sikap tubuh anda yang menunjukkan rasa kurang percaya diri seperti menundukkan kepala kebawah, atau terus melihat ke langit – langit akan menimbulkan keraguan dari audiens, terlebih nantinya para audiens justru akan menyepelekan apa yang anda katakan. Sebaliknya, jika anda menunjukkan sikap tubuh yang tegas dengan posisi tubuh tegap, dan pandangan ke depan, para audiens akan lebih segan terhadap anda.

2. Tidak memperhatikan intonasi bicara

Berbicara dengan lancar pada saat presentasi memang baik, akan tetapi jangan sampai anda berbicara terlalu cepat sehingga melupakan jeda antar kalimat. Berbicara dengan cepat serta intonasi yang monoton membuat penonton lama – kelamaan akan merasa bosan dan cepat mengantuk. Oleh sebab itu, ada kalanya pada saat presentasi anda perlu memperhatikan intonasi. Pertegas kata – kata yang anda anggap penting dan berikan jeda untuk memberikan penekanan terhadap suatu hal sehingga audiens diberi kesempatan untuk merenungkan apa yang barusan anda ucapkan.

3. Tidak menguasai materi

Saat seorang pembicara tidak menguasai materi yang dipresentasikan dan bahkan full membaca teks, tentu para audiens akan meremehkan anda dan tidak mendengarkan apa yang anda katakan.

4. Kurang interaksi dengan  audiens

Kontak mata sangat perlu dilakukan pembicara pada saat melakukan presentasi sehingga audiens akan merasa dihargai dan diperhatikan. Sesekali pembicara juga perlu bertanya kepada audiens untuk membangun interaksi dengan mereka.

5. Monoton

pada saat presentasi berlangsung, kita sering merasa mengantuk pada saat mendengarkan si pembicara, hal ini sering terjadi Karena mereka melakukan presentasi secara monoton. untuk membangun presentasi yang menarik, anda perlu menyelipkan sedikit cerita pribadi mengenai pengalaman, humor, video, melempar pertanyaan ke penonton, dan lain sebagainya.

6. Slide presentasi yang kurang menarik

Salah satu daya tarik dari presentasi adalah tampilan dari slide presentasi yang anda pertontonkan. Jika slide presentasi memberikan ilustrasi yang menarik dan tidak full berisi tulisan saja, maka audiens akan lebih tertarik untuk memperhatikan presentasi yang anda bawakan.

Sekian dari hal – hal yang perlu dihindari dalam presentasi, kiranya dapat menjadi refrensi bagi anda yang ingin memaksimalkan kemampuan berpresentasi anda. Trimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar